Sabtu, 30 Mei 2015

VITAMIN E DAN KESEHATAN TUBUH KITA

Vitamin E dan Kesehatan Tubuh Kita

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh. Salah satu fungsinya adalah sebagai antioksidan. Seperti yang kita tahu, antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang berasal dari lingkungan sekitar kita seperti polusi, asap rokok, dll. Selain itu, vitamin E juga berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin E mudah didapat dari bagian bahan makanan yang berminyak atau sayuran. Vitamin E banyak terdapat pada buah-buahan, susu, mentega, telur, sayur-sayuran, terutama kecambah. Contoh sayuran yang paling banyak mengandung vitamin E adalah minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau. Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah.

Kekurangan vitamin E biasanya terjadi pada individu yang mengalami kekurangan nutrisi parah. Kekurangan vitamin E yang parah dapat menyebabkan gejala kerusakan neurologis seperti kerusakan saraf sensoris, ataksia, kelemahan otot dan kerusakan retina. Pada anak-anak yang kekurangan vitamin E, dapat mengganggu perkembangan sistem sarafnya. Beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan konsumsi vitamin E yang cukup antara lain penyakit kardiovaskular, katarak, gangguan fungsi imun dan kanker.

Konsumsi vitamin E yang disarankan tiap hari adalah sekitar 15 mg/hari untuk orang dewasa. Kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi vitamin E di bawah dosis yang disarankan tersebut. Maka untuk memenuhi kebutuhan dapat digunakan suplemen tambahan. Namun sebaiknya tidak usah terlalu berlebihan. Diusahakan jangan melebihi 1000 mg/hari. Cukup sesuai kebutuhan kita saja. (dzer)

Sumber:
http://lpi.oregonstate. edu/mic/vitamins/vitamin-E
http://www.webmd. com/vitamins-and-supplements/lifestyle-guide-11/supplement-guide-vitamin-e